Thursday, December 18, 2008

Pelaksanaan Haji Masih Kurang Maksimal


13/12/2008 07:51 - Haji
Pelaksanaan Haji Masih Kurang Maksimal

Mekkah: Tim independen pemantau haji menilai ada ketidakberesan soal pengurusan pemondokan hingga katering para jemaah haji Indonesia di Mekkah, Saudi Arabia. Tim juga mempertanyakan pernyataan pemerintah yang menyebut pelaksanaan haji 2008 sukses.

Sebagian besar jemaah mengeluhkan lokasi pemondokan yang jauh. Akibatnya mereka kesulitan untuk beribadah ke Masjidil Haram. Sementara sistem prasmanan yang diberlakukan di Arafah hingga Mina menyebabkan jemaah harus antre minimal 30 menit. Menu yang tersedia pun ala kadarnya.

Tim independen ini meminta pemerintah tak terlalu dini menyatakan pelaksanaan haji berlangsung sukses. Mahendra Datta, Dewan Penasehat Tim Independen Pemantau Haji mengatakan, pemerintah berjanji akan memperbaiki soal lokasi pemondokan bagi jemaah di tahun depan.

Janji itu rencananya diwujudkan dengan membuat kontrak jangka panjang hingga 15 tahun yang mengatur penempatan jemaah Indonesia. Nantinya, para jemaah menempati lokasi terdekat dengan Masjidil Haram.(IKA/Merdi Sofansyah dan Efendi)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

online counter
top