Wednesday, April 21, 2010

Grobogan digelontor PNPM Rp 47 M


GROBOGAN - Sebagai daerah terluas kedua di Jawa Tengah, Grobogan masih mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat dalam bentuk program pengentasan kemiskinan. Buktinya pada 2010, Grobogan digelontor bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri senilai Rp 47 miliar.
Bupati Grobogan Bambang Pudjiono SH menjelaskan, bantuan ini digunakan untuk mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Bantuan akan disalurkan kepada 263 desa/kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan di Grobogan.
”Dengan bantuan ini diharapkan kemiskinan dapat terkurangi dan pembangunan di pedesaan semakin bisa diwujudkan,” kata bupati, kemarin.
Bupati membenarkan, sejauh ini (sesuai data Badan Pusat Statistik-BPS-red), kemiskinan masih dialami sekitar 40% dari 1,34 juta jiwa jumlah penduduk di Grobogan. Baik itu, dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, pangan, maupun kesehatan bagi masyarakat luas.
Dana itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan sarana fisik maupun nonfisik. Di antaranya pembangunan infrastruktur jalan, bantuan kegiatan pendidikan, kesehatan, maupun untuk simpan pinjam (dana bergulir-red).
Bupati mengakui, manfaat dari bantuan PNPM Mandiri 2009 sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Grobogan. Contohnya proyek tersebut dapat menyelesaikan paket perbaikan jalan desa sepanjang 22.710 meter, peningkatan jalan sepanjang 52.954 meter, dan pembuatan jalan sepanjang 2.561 meter. Nto-ip

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

online counter
top