Sunday, May 16, 2010

Menag: Hari Gini Masih Menyimpang, Apa Kata Dunia


Jakarta - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menjanjikan pengelolaan dana haji oleh Kementerian Agama dilakukan secara profesional dan transparan, termasuk dalam pembahasan BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji) dibahas secara detil dan rinci oleh pemerintah dengan DPR.

"Hari gini masih menyimpang, apa kata dunia," kelakar Menteri Agama di hadapan peserta Sambung rasa wartawan Koordinatoriat Kementerian Agama di operation room Kemenag Pusat Jakarta, Kamis (29/4/2010) seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Hadir pada pembukaan acara tersebut, Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, Dirjen Penyelernggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto, Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, Kabadlitbang Kemenag Atho Mudzhar, Dirjen Pendidikan Moh. Ali dan pejabat eselon II Kemenag dan Ketua PWI Jaya Kamsul Hasan.

Dalam kesempatan itu Menag membantah tuduhan dugaan mark up dana haji yang dilontarkan salah seorang anggota DPR, bahwa ada penyelenggaraan manajemen yang tidak efisien, termasuk adanya dugaan pembohongan publik terkait tiket penerbangan untuk jamaah maupun untuk petugas haji.

"Adanya tuduhan dugaan mark up yang disampaikan Baghowi bernuansa fitnah. Ada indikasi fitnah karena data yang dikemukakan tidak akurat," kata Surya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan ibadah haji bukan merupakan proyek mencari untung tapi proyek nirlaba. "Kalau keuntungan tentu ada bonus, saya sebagai menteri tentu dapat bagian. Ini tidak ada," ujarnya.

Adapun DAU (Dana Abadi Umat), lanjutnya, merupakan dana efisiensi haji, dan dana ini akan dikembalikan lagi kepada masyarakat. "Modelnya seperti apa lagi dirumuskan, jadi dana ini kembali ke masyarakat, penggunaannya terukur, hasilnya dapat dilihat," kata Menag.

Pada bagian lain Suryadharma Ali berharap instansi ini perlu membangun jaringan informasi yang baik dan dapat diakses masyarakat. Pasalnya, keberhasilan sebuah program Kementerian Agama sangat tergantung dari sosialisasi program tersebut. "Berhasilnya sebuah program kerja Kementerin Agama tanpa bantuan pers sangat mustahil dapat diketahui publik," kata Menag.

Pers sebagai kontrol sosial, menurut dia, dapat dimanfaatkan pejabat Kemenag. "Pejabat harus peka terhadap kritik, tapi jangan takut kritik," kata Menag. Namun demikian, lanjut Menag, pers agar bersikap arif dan bijaksana dan menjunjung tinggi kode etik dalam memberitakan kegiataan keagamaan.

Bernuansa Fitnah

Menag juga menilai tudingan Anggota Komisi VIII Muhammad Baghowi bahwa terjadi penggelembungan dana haji 2009 bernuansa fitnah. Alasannya, anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu menggunakan data tak akurat untuk menganalisa biaya transportasi udara. "Tuduhan yang disampaikan Pak Baghowi bernuansa fitnah karena data dikemukakan sebagai dasar perhitungan tidak akurat," katanya

Menurut Menag, penetapan biaya transportasi udara bagi jamaah haji tahun lalu juga dibahas dan disepakati bersama antara pemerintah dan DPR. Karena itu, tidak mungkin terjadi penggelembungan dana sebagaimana dituduhkan Baghowi.

Menag juga menyebutkan, lemahnya analisa Baghowi karena dilakukan sebelum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menerbitkan audit pengelolaan dana haji tahun lalu. Audit merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan pengelolaan dana haji berjalan optimal dan tidak ada penyimpangan.

"Kalaupun ada kelebihan dana haji. Jangan dianggap dulu sebagai korupsi. Itu bisa jadi korupsi kalau digunakan untuk pribadi, tapi misalnya akan masuk ke DAU (Dana Abadi Umat) untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Selasa, (27/4), Baghowi menduga terjadi penggelembungan harga transportasi udara dalam penyelenggaran haji tahun lalu penuh dengan sehingga merugikan jamaah. Hal itu terjadi setidaknya pada empat komponen dalam biaya penerbangan itu yakni komponen biaya pendaratan (landing fee), biaya penanganan di darat (ground handling), biaya rute (route charges), dan transport pax on ground. Karena itu, ia mendesak BPK dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan audit investigasi khusus.
http://gresnews.com/ch/TopStories/cl/Baghowi/id/1072222/Menag+Hari+Gini+Masih+Menyimpang+Apa+Kata+Dunia
(asy/asy)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

online counter
top